1: Perkenalan

Ceritanya, saya menjadi bagian dari kegiatan bernama US-Indonesia Partnership Program 2012. Program ini, katanya, adalah hasil inisiatif dari Pak SBY dan Pak Obama yang ingin meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Hasilnya, universitas-universitas di dua negara digerakkan untuk membangun kerjasama U to U, di antara universitas yang ambil bagian adalah: Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, University of Michigan dan LeHigh University. Selama satu bulan ini, mahasiswa dari empat universitas tersebut akan menjalani kuliah, field trip serta kegiatan-kegiatan lain yang bertemakan demokrasi, pluralisme beragama dan multikulturalisme.

Hari ini saya tiba di Jakarta, Alhamdulillah dengan tepat waktu. Saya langsung dibawa ke Wisma Makara, penginapan milik Universitas Indonesia. Teman sekamar saya bernama Angela Marie, dari LeHigh University, ini foto kami:

Selain welcome dinner, belum ada acara lain di hari ini. Kami masih saling mengenal,  Theresa bilang ia mungkin membutuhkan waktu untuk mengingat nama kami semua. Saya membayangkan hal yang sama kalau pergi ke Thailand, Laos, Kenya, atau Rusia- harus mengingat nama-nama yang terdengar sangat etnik. Sementara itu, nama-nama Amerika relatif mudah diingat, tampaknya mereka berhasil membuat kulturnya mengglobal. Keempat kami memperhatikan saran dari dosen pembimbing mereka untuk memakai pakaian yang sopan (baca: tertutup). Hal ini sepertinya cukup menantang bagi mereka mengingat udara Jakarta yang sangat panas, harusnya mereka bisa pakai tank top. Saya merasa senang, sebagai tuan rumah, mengetahui bahwa kultur saya, kultur kami, dihormati. Mereka juga kelihatan menikmati makanan-makanan khas Indonesia, dan semangat mengikuti program sampai beberapa hari ke depan. Good partners will make a good program.

Besok saya mungkin akan menulis lebih banyak lagi! Cheers!

 

Leave a Reply

